Sungai Cigenter

Buat Peuatalang Sejati, Tunjukkan Nyalimu di Sungai Cigenter

Posted on

Kamu suka petualangan? Atau sering dijuluki oleh teman sebagai si Petualang alam? Kalau iya, kamu pasti bakal suka pengalaman menyusuri sungai yang dua sisinya dipenuhi pohon-pohon rimbun, sedangkan beberapa pasang mata memantau kita smeua dari atas permukaan air yang tenang dan tidak bergelombang ini. Tanpa disadari, punggung mereka yang punya sisik menyembul layaknya batang kayu yang tidak hidup. Itulah pemandangan yang akan ditemukan di Sungai Cigenter!

Nah, bila penasaran seperti apa rasanya liburan ala sungai Amazon, silahkan datangi sungai yang berada di Pulau Handeleum, Ujung Kulon, yang nuansanya mirip bener sama sungai Amazon yang ada di Benua Amerika Selatan. Tidak hanya buaya yang menyebrang diam-diam, kamu pun dapat melihat ular-ular piton raksasa yang melilit di batang pohon! Kamu bakal menjelajahi sungai yang kedalamannya hingga angka 6 meter ini dengan naik perahu kayu persis kano yang dinamakan jukung. Selama naik perahu, tidak hanya ular dan buaya yang dilihat, hutan hujan asri, vegetasi yang terbilang perawan, kicauan burung-burung dan suara-suara hutan tentunya membuat liburanmu sangat istimewa. Disamping itu, sungai ini pun dipenuhi dengan ikan-ikan besar yang terkadang menampakkan diri secara tiba-tiba.

Memang, menjelajahi Sungai Cigenter ini membutuhkan keberanian dan condong dengan kata berbahaya, tapi tenang saja, pemandu sungai yang menjadi pembimbing ialah yang terbaik dan amat berpengalaman. Selama menjelajahi sungai yang panjangnya 12 kilometer ini, kamu cuma perlu mengikuti instruksi mereka saja supaya penjelajahan berjalan lancar. Tuk menyewa jukung berikut pemandunya, dipungut biaya sebesar Rp 50.000 per orang.

Sungai Cigenter ada di lokasi Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang. Tepatnya ada di Pulau Handeleum, salah satu pulau mini ada di Semenanjung Ujung Kulon. Tuk pergi ke Sungai Cigenter, kamu musti datang ke Desa Paniis, Keroncong, Pandeglang. Di desa itu, kamu bisa menitipkan alat transportasi di rumah-rumah warga, misalnya yang biasa dilakoni petualang lain.

Saat mau menyeberang ke Pulau Handeleum, kamu boleh sewa perahu berkapasitas 20 orang maksmimal. Harga sewa 2015 lalu kira-kira Rp 1,5 juta per kapal. So, akan jauh lebih murah bila kamu pergi dengan serombongan. Selain jadi rumah buat Sungai Cigenter, Pulau Handeleum pun adalah habitat rusa dan pinggiran pantainya diliputi hutan bakau. Biar lebih aman juga seru, bisa pula ambil Paket Ujung Kulon dengan Schedule Open Trip yang tersedia. Selain hemat, pun bisa dapat kenalan kawan baru lho!

One thought on “Buat Peuatalang Sejati, Tunjukkan Nyalimu di Sungai Cigenter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *